Mengenal Pengertian Penyakit MRSA dan Waspadai Penularannya

Pernah mendengar penyakit bernama MRSA? Nama penyakit ini tergolong unik, karena penyakit ini selalu disingkat MRSA. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui, apa sebenarnya penyakit mrsa ini. Karena penyakit ini tergolong jarang diderita oleh seseorang. Biasanya penyakit ini muncul ditempat tinggal yang padat. Sebab itulah, bagi Anda yang bertempat tinggal ditempat yang padat patut mewaspadai munculnya penyakit ini. Agar penyakit ini tidak menjangkiti diri Anda dan keluarga Anda. Tentunya kita harus mencari tahu terlebih dahulu, sebenarnya seperti apa penyakit mrsa ini. MRSA dibagi menjadi 2 jenis, yang akan kita bahas pada pembahasan kali ini. Bahaya yang ditimbulkan jika penyakit ini tidak segera diobati adalah dapat membahayakan nyawa penderita penyakit mrsa ini. Untuk itulah, kita harus mengetahui seperti apa penyakit mrsa yang membahayakan nyawa ini. Pembahasan yang akan dibahas kali ini adalah mengenai pengertian mrsa. Pembahasan mengenai mrsa ini akan diambil dari berbagai sumber referensi. Inilah pembahasan pengertian mrsa, sebagai berikut. 

Sumber : sehatq.com

Dilansir dari hellosehat.com, MRSA itu singkatan dari Methicillin-Resistant Staphylcoccus Aureus. MRSA merupakan kuman (staph) yang tidak terpengaruh dengan antibiotik yang dapat menyembuhkan kuman staph. Jika MRSA ini mulai menyebar ke dalam tubuh, maka akan menjadi penyakit menular seperti tulang, sendi, darah, katup jantung, dan juga infeksi paru-paru. Infeksi MRSA ini dapat menyebar melalui kulit dan juga kulit bisul. Ada dua jenis penyakit MRSA, yaitu HA-MRSA dan CA-MRSA.

Sedangkan menurut alodokter.com, MRSA adalah sebuah infeksi yang berasal dari bakteri Staphylococcus yang sudah tidak mempan lagi terhadap jenis-jenis antibiotik, seperti amoxicillin dan juga penisilin. Bakteri Staphylococcus hidup pada kulit dan hidung manusia. Namun apabila pertumbuhan bakteri ini sudah tidak terkendali, maka hal ini dapat menyebabkan infeksi. Awalnya infeksi ini dapat diatasi dengan menggunakan antibiotik. Akan tetapi, setelah beberapa dekade berlangsung, infeksi ini sudah tidak mempan dengan antibiotik. Karena jenisnya telah berubah menjadi jenis Staphylococcus MRSA.

MRSA dibagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut :[1]

  1. Hospital Acquired MRSA (HA-MRSA). Yaitu infeksi yang ditularkan ketika berada dalam lingkungan rumah sakit.
  2. Community Acquired MRSA (CA-MRSA). Merupakan jenis tipe MRSA yang terjadi akibat penularan penyakit melalui kontak langsung dengan kerabat dekat maupun dengan lingkungan sekitar yang terinfeksi penyakit MRSA ini. Infeksi timbul akibat dari kebersihan yang kurang dijaga.

Pemaparan diatas adalah pembahasan mengenai pengertian MRSA. Kesimpulannya, MRSA adalah infeksi bakteri yang sudah tidak mempan terhadap banyak jenis antibiotik. Penularan penyakit ini dibagi menjadi dua jenis MRSA, yaitu HA-MRSA. Yang merupakan penularan yang terjadi ketika berada dalam lingkungan rumah sakit. Dan CA-MRSA, yaitu penularan yang terjadi ketika kontak langsung dengan kerabat dekat atau lingkungan sekitar yang telah terinfeksi MRSA.

Itulah pembahasan mengenai pengertian MRSA yang dipaparkan dari berbagai sumber. Sekaligus kesimpulan dari arti penyakit MRSA ini. Diharapkan setelah mengetahui mengenai MRSA ini, kita semua hendaknya berhati-hati. Hindari kontak langsung dengan penderita MRSA. Agar terhindar dari penyakit MRSA ini. Termasuk saat dirumah sakit pun, pasien maupun orang sehat harus berhati-hati agar tidak terjadi kontak langsung dengan penderita MRSA. Selain itu, segera berobat dan konsultasikan dengan dokter jika gejala MRSA ini mulai muncul. Karena jika terlambat dalam mengobati penyakit MRSA, maka akan dapat membahayakan nyawa penderita MRSA ini.


[1] alodokter.com

Uncategorized

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>